Saturday 24 July 2010

perbedaan agama...pentingkah untuk ditonjolkan ??


sebelumnya saya mungkin saya mau minta maaf, karena tulisan saya sedikit menyinggung sara.Tapi, kalo ga disinggung-singgung kita ga akan pernah bisa memperbaiki kan, ga akan diliat-liat, dan akhirnya ya begitu-begitu aja, orang akan tetap begini, selalu menonjolkan perbedaan. maka dari itu, saya akan mencoba untuk sedikit menyinggung supaya banyak yang melihat, membaca, memahami, mendalami, hingga akhirnya bisa merefleksikan, dan tercipta perubahan. Oke, mungkin poin terakhir ga terlalu ditekankan, tapi mungkin diharapkan. Begini, belakangan ini saya lihat di masyarakat kita bahwa moralitas masyarakat kita semakin merosot. mungkin salah satu penyebabnya adalah karena kita terlalu menonjolkan perbedaan ada atau menciptakan perbedaan-perbedaan baru diantara kita.kita harus sadar kalau perbedaan itu akan selalu ada. Yang terpernting adalah bagaimana cara kita menyikapinya. kita ambil contoh aja, kayak penggerebekan salah satu ormas dalam bidang keagamaan disaat para waria sedang mendapatkan pelatihan. Saya rasa itu sangat tidak pantas. Kenapa ??? Karena mereka juga manusia, mereka berhak mendapatkan semua yang sama seperti yang kita dapatkan. Mungkin mereka sedikit mengerikan di tampang, tapi apa pantas penggerebekan itu dilakukan. Bayangkan jika kita semua berada di posisi yang sama seperti para waria itu ??? nyamankah ??? enakkah ?? tentu tidak. Contoh lain adalah perbedaan yang ditonjolkan karena agama. Begini ya, menurut persepsi saya agama itu adalah panutan dalam hidup yang nantinya akan membentuk tingkah laku yang baik dalam diri kita. Belajar agama sama seperti belajar dari buku, agama tidak menuntut kita untuk menghapal ajarannya 100% plek sama persis. Intinya adalah mengambil inti sari dari ajaran agama tersebut. Saya percaya bahwa agama adalah hal yang baik, agama mengajarkan kita semua untuk berbuat baik. Tapi, kita sendiri pun perlu filter dalam diri kita. mana yang perlu ya diambil, yang ga perlu ya ga usah. kalau anda tanya apa agama saya, saya pasti akan menjawab : " Dasar saya adalah Buddhis, Tapi saya mengambil ajaran-ajaran baik dari agama-agama lain yang saya kira itu memang baik untuk kehidupan saya". So, pentingkah perbedaan itu ??? temukan jawabannya dalam diri anda masing-masing...

No comments:

Post a Comment